Jumat, 16 Mei 2014

Uno

UNO adalah salah satu nama marga (famili) dari daerah Gorontalo di Provinsi Gorontalo (dahulu Provinsi Sulawesi Utara). Menurut riwayat, cikal bakal marga Uno di Gorontalo berasal dari salah satu keturunan Sultan Botutihe bernama Unonongo. Salah satu anak dari Unonongo bernama UNO yaitu salah satu ulama besar di daerah Gorontalo yang diberi gelar Mufti Guru, sehingga beliau dikenal dengan nama Mufti Guru Uno. Dari Mufti Guru Uno inilah anak-anaknya kemudian menambahkan Uno di belakang namanya sebagai nama marga sampai ke generasi berikutnya yang pada saat ini sudah mencapai generasi ke tujuh.

Nama Uno terdapat juga di beberapa negara antara lain :
  • Sosuke Uno (1922-1998) , perdana menteri di Jepang pada periode tahun 1989
  • Kozo Uno, lahir tahun 1897, ahli ekonomi dari Jepang
  • Michael Toshiyuki Uno, sutradara film dan televisi dari Jepang
  • Uno Ahren, arsitek dari Swedia
  • Uno Cygnaeus (1810-1888), pendeta dan edukator dari Finlandia
  • Uno Laht (1924-2008), penulis dari Estonia
  • Uno Svenningson, penyanyi pop dari Swedia
  • Uno von Troil (1786-1803), Uskup agung dari Uppsala (nama kota di Swedia).
tetapi tidak jelas apakah nama Uno tersebut merupakan nama marga atau nama famili.

UNO adalah singkatan dari United Nations Organization yaitu Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Istilah United Nations Organization apabila disingkat yaitu menjadi UNO. Akronim  UNO (United Nations Organization) merupakan singkatan/akronim resmi dalam Bahasa Indonesia. Selain itu, UNO adalah singkatan dari beberapa nama organisasi antara lain :
UNO adalah juga singkatan dari beberapa universitas di dunia, antara lain :

Ada beberapa nama tempat yang menggunakan kata Uno antara lain :

Uno digunakan juga sebagai merk mobil antara lain :

Permainan yang menggunakan kata Uno antara lain :

Dalam bahasa Spanyol dan Italia arti kata "uno" adalah "salah satu", tetapi bila ditambah kata numero maka artinya menjadi nomor satu (Numero Uno).

Kembali ke Uno yang menjadi nama marga atau nama famili di daerah Gorontalo. Dalam buku Silsilah Keluarga Uno yang disusun oleh Hasan Uno bin Amir Uno bin Aneto Uno dan diketik oleh Ramdhan Uno bin Mokasif Uno bin Sander Uno bin Aneto Uno pada tahun 1995, ditulis bahwa Unonongo sendiri tidak diketahui keturunan yang keberapa dari Sultan Botutihe, tetapi menurut riwayat silsilah keluarga Gobel, Unonungo berada di bawah atau satu garis keturunan dengan Raja Hubulo yang juga adalah keturunan Sultan Botutihe.

Menurut riwayat yang lain, Unonongo adalah cucu dari salah seorang putra Sultan Botutihe yang bergelar "Imam Podeita". Imam Podeita mempunyai seorang anak laki-laki bernama Bila dan seorang anak perempuan bernama Dumbe. Unonongo adalah anaknya Bila sedangkan salah seorang anak dari Dumbe adalah Kadlim Datau yang terkenal bergelar "Ta Lodelo Imani Datau" yang pada akhirnya melahirkan marga Datau.

Menurut silsilah keluarga Kaluku yang disusun oleh Benny Kaluku, diriwayatkan bahwa salah seorang istri dari Mufti Guru Uno bernama Welemoyiyo, dan Welemoyiyo sendiri adalah saudara perempaun dari Mufti Kaluku. Ayah dari Mufti Kaluku dan Welemoyiyo bernama Walaopulu Pane.

Jika seluruh riwayat ini benar, maka :
  1. Rumpun keluarga Uno dengan rumpun keluarga Botutihe dan rumpun keluarga Gobel sudah merupakan saudara dari awal keturunan.
  2. Rumpun keluarga Uno dengan rumpun keluarga Datau dan rumpun keluarga Kaluku sebenarnya sudah merupakan saudara sepupu sejak dari generasi awal.
Mufti Guru Uno mempunyai 6 orang anak laki-laki dari 2 orang istrinya, tetapi tidak jelas apakah Mufti Guru Uno juga mempunyai anak perempuan. Keenam anak tersebut adalah :
Dari istri pertama lahir :
1. Aliwu Uno
2. Aneto Uno
3. Bahu Uno
Dari istri kedua lahir :
4. Kamu Uno
5. Ahmad Uno
6. Kadir Uno
Keenam orang bersaudara inilah merupakan generasi pertama dari keturunan-keturunan marga Uno selanjutnya.

 
Dalam buku yang dibagikan pada saat diselenggarakannya Musyawarah Besar Ikatan Keluarga Besar Uno di Gorontalo pada tanggal 26 Januari 2013 ditulis bahwa sesuai silsilah yang berhuruf Arab Pegon, Mufti Guru Uno (Moputi Uno) adalah keturunan ke 4 Raja Biya (Limboto). Raja Biya ini mempunyai anak bernama Imam Nawa, Imam Nawa mempunyai anak bernama Nur Podeita, Nur Podeita mempunyai anak bernama Moputi Bila dan Moputi Bila mempunyai anak bernama Moputi Uno (Mufti Guru Uno). Tetapi ditulis pula bahwa asal usul Moputi Uno dalam buku tersebut perlu diperbaiki.

Dalam buku Silsilah Keluarga Besar Uno yang disusun oleh Hasan Uno tahun 1995, tercatat sebanyak 406 orang yang bermarga Uno dan 93 orang yang tidak bermarga Uno tetapi merupakan keturunan dari Mufti Guru Uno, sehingga jumlah keturunan Mufti Guru Uno yang tercatat dalam buku tersebut adalah sebesar 502 orang. Saat ini sedang disusun kembali Silsilah Keluarga Besar Uno dan sampai saat ini telah tercatat sebanyak 759 orang yang bermarga Uno dan 275 orang yang tidak bermarga Uno, sehingga berjumlah 1034 orang. Dalam buku silsilah tersebut tidak hanya tertulis nama-nama dari mereka yang bermarga Uno tetapi juga yang tidak bermarga Uno, bahkan ada yang hanya ibunya bermarga Uno tetapi anak-anaknya tetap mau menggunakan marga Uno di belakang namanya, hal ini tidak menjadi masalah. Bagi siapa saja yang merasa merupakan keturunan dari Mufti Guru Uno dapat saja dicantumkan dalam buku tersebut.

Saat ini sudah terbentuk Ikatan Keluarga Besar Uno (IKBU) yang berpusat di Gorontalo dengan beberapa cabang di kota-kota besar di Indonesia. Tujuan dibentuknya IKBU adalah :
  1. Menjaga dan meningkatkan tali silaturahim antar keluarga besar Uno
  2. Memberikan kontribusi yang nyata untuk keluarga besar Uno
  3. Sebagai wadah dan forum silaturahim antar keluarga besar Uno dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga Uno.
Musyawarah Besar pertama IKBU diselenggarakan pada tanggal 26 Januari 2013. Pada saat itu terpilih Bapak Sugianto (suami dari Ibu Nurmala Uno) sebagai Ketua IKBU dan Bapak Prof. Dr. Hi. Hamzah B. Uno sebagai Ketua Dewan Pembina.



    Categories:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!